Pelatihan Software dari HMTSP

Pelatihah Software  merupakan program kerja dari Departemen Akademik HMTSP yang di ketuai oleh Racka Bali Pusca. Pelatihan kali ini mengangkat aplikasi CAD dan Revit sebagai pelatihan. Software ini diambil berdasarkan permintaan terbanyak saat dilakukan survey dengan menyebar angket di JPTSP. Pelatihan Software ini bertujuan untuk membantu dan memberikan pemahaman kepada mahasiswa dalam mengoperasikan  aplikasi ketekniksipilan.

Tujuan pelatihan Software ini Membangun iklim akademik yang positif dilingkungan mahasiswa Teknik Sipil Universitas Negeri Yogyakarta yang dimulai dari keinginan dan usaha dari mahasiswa. Dan juga meningkatkan kemampuan dan kualitas mahasiswa dalam penguasaan program Software dalam teknik sipil. Selain itu menjaga potensi mahasiswa yang memiliki kemampuan lebih dalam pengoprasian program Software dan nantinya perlu program pengelolaan khusus untuk mewadahi mahasiswa yang berkemampuan lebih di bidang program Software.

Pelatihan Software yang diselenggarakan oleh HMTSP mempunyai 3 Kelas pelatihan yaitu :

  1. Autocad
    Merupakan sebuah program yang biasa digunakan untuk tujuan tertentu dalam menggambar serta merancang dengan bantuan komputer dalam pembentukan model serta ukuran dua dan tiga dimensi atau lebih dikenali sebagai Computer-aided drafting and design program (CAD). Program ini dapat digunakan dalam semua bidang kerja terutama sekali dalam bidang-bidang yang memerlukan keterampilan khusus seperti bidang Mechanical Engineering, Sipil, Arsitektur, Desain Grafik, dan semua bidang yang berkaitan dengan penggunaan CAD.Dalam mata kuliah yang ada di Universitas Negeri Yogyakarta, Software ini biasa digunakan oleh mahasiswa Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Sipil. Pelatihan ini dilaksanakan pada setiap hari minggu,25 Oktober 2020 pada pukul 08.00WIB, hari Sabtu,31 Oktober 2020 pada pukul 08.00 WIB dan Minggu, 1 November 2020 Pada Pukul 08.00 WIB. Pelatihan ini di bagi menjadi 2 kelas. Pembicara/Pemateri kelas autocad ini ada 2 yaitu Ahmad Aldo, S.Pd. dan  Salviandy Dhanizar
  2. Revit
    Autodesk Revit adalah Software Building Information Modeling (BIM) oleh Autodek untuk desain arsitektur, struktur serta mekanikal, elektrikal dan plumbing (MEP). Dengan Software ini pengguna dapat merancang bangunan dan struktur dengan pemodelan komponen dalam 3D dan sekaligus menyajikan gambar kerja dalam 2D. Lebih jauh lagi pengguna dapat melakukan perencanaan untuk menetukan tahapan pelaksanaan dari elemen bangunan serta dapat menyajikan informasi. Pelatihan ini dilaksanakan pada setiap hari minggu,25 Oktober 2020 pada pukul 08.00WIB, hari Sabtu,31 Oktober 2020 pada pukul 08.00 WIB dan Minggu, 1 November 2020 Pada Pukul 08.00 WIB. Pelatihan ini 1 kelas. Pembicara/Pemateri kelas Revit Ilyasa Ridwan Ma’ruf.

Proker yang berada dibawah naungan Departemen akademik ini dapat diikuti oleh mahasiswa dan umum yang berkeinginan kuat untuk bisa mengoperasikan Software baik Software dari jurusannya sendiri maupun dari jurusan lain. Peserta pelatihan Software ini ada 94 perserta kelas Autocad dan 90 peseta kelas Revit. Pelatihan ini melalui via daring zoom