Wisanggeni Team Mendapatkan Juara ke-III dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Civil Month Universitas Negeri Surabaya 2021

Lomba Karya Tulis Ilmiah Civil Month Unesa 2021 mengangkat tema Environmental Friendly Technology for Construction. Tema besar tersebut dibagi dalam lima sub tema, yaitu inovasi bahan, inovasi bangunan gedung, inovasi bangunan air, inovasi jalan, dan inovasi jembatan, Tim Wisanggen 19 yang diketuai Suryatama Ageng Pamuji (S-1 Teknik Sipil) dan dibersamai oleh dua anggota, Eka Nur Wahyu Setyorini (S-1 PTSP) dengan Silmi Kaffah (D-4 Teknik Sipil) mengirimkan abstrak pada tanggal 30 Mei 2021 dengan merujuk pada sub tema Inovasi Bangunan Gedung. Judul yang diangkat oleh Tim Wisanggeni 19 adalah Perencanaan Green Resort Modular dalam Rangka Pengembangan Kawasan Ekowisata di Pantai Wediombo Gunungkidul. 

Judul tersebut diangkat dari permasalahan yang menjadi keresahan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta, dimana disadari bahwa Jumlah penduduk yang semakin meningkat serta ketersediaan ruang di perkotaan yang semakin menipis membuat daerah pinggiran seperti halnya pesisir Gunungkidul dimanfaatkan salah satunya sebagai pengembangan pariwisata. Karya tulis yang diajukan ini bertujuan untuk memberikan alternatif bangunan resort ramah lingkungan untuk merespon potensi timbulnya benturan kepentingan ekonomi dan konservasi lingkungan khususnya di Pantai Wediombo, Gunungkidul.

Pada tanggal 31 Mei 2021 Tim Wisanggeni 19 dinyatakan lolos abstrak dan mulai melakasanakan proses penyususnan full paper perencanan greesn resort modular. Pada tanggal 11 Juli 2021 seluruh berkas tahap II telah dikumpulkan. Dengan 30 tim lain yang dinyatakan lolos menuju tahap II, hanya 10 tim terbaik yang dapat dalam tahap final yang diumumkan pada tanggal 19 Juli 2021. Tim Wisanggeni 19 perwakilan Universitas Negeri Yogyakarta dinyatakan lolos tahap final Bersama 9 tim lain yang berasal dai Universitas Gajah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Politeknik Pekerjaan Umum, Universitas Udayana, Universitas Sebelas Maret, Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Brawijaya, dan Universitas Negeri Malang

Setelah beberapa kali mengalami reschedule akibat dari adanya PPKM yang diperketat di wilayah Pulau Jawa dan Bali, final Lomba Karya Tulis Ilmiah Civil Month Unesa 2021 diselenggarakan pada tanggal 23 Agustus 2021 dengan media Zoom. Pada tahap akhir penjurian diputuskan bahwa tiga tim yang berhak menjadi juara dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Civil Month Unesa 2021 adalah Tim Anandya (Universitas Gadjah Mada) pada posisi pertama, Tim Dipo Katsu (Universitas Diponegoro) pada posisi kedua, dan Tim Wisanggeni 19 (Universitas Negeri Yogyakarta) pada posisi ketiga.Detail berita dapat dilihat disini.

 

 

Tags: