Tim Wisanggeni 21 Raih Gelar Juara 2 Pada Ajang Lomba Beton Nasional Ke-27 yang diselenggarakan Universitas Tarumanagara

Yogyakarta – Departemen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan UNY kembali menorehkan prestasi dengan memperoleh berbagai prestasi di tingkat nasional. Ajang kompetisi berskala nasional dibidang ketekniksipilan yang diselenggarakan Universitas Tarumanagara (Untar) dimulai sejak bulan Januari 2023 – Mei 2023 dengan cabang lomba diantaranya Lomba Beton Nasional ke-27 (LBN), Estimasi Biaya Proyek, Analisis Geoteknik, dan Analisis Transportasi. Tim Wisanggeni 21 berhasil lolos ke babak final mewakili Universitas Negeri Yogyakarta dalam cabang Lomba Beton Nasional ke-27 yang bersaing dengan 34 tim dari berbagai universitas di Indonesia.

Tim Wisanggeni 21 yang diketuai Faisal Irfan Adhitama (S1 Teknik Sipil 2021) dan dibersamai dua anggota, Ivan Adiyatma Pramana (D4 Teknik Sipil 2021) dan Vincentio Megalo Deva (S1 Teknik Sipil 2021) dengan dosen pembimbing Dr. Ir. Slamet Widodo, S.T., M.T., ASEAN Eng. IPM. Melakukan pembuatan beton dengan tema lomba “High Strength Concrete with Less Cement” dengan tahapan lomba dimulai dari babak penyisian meliputi pembuatan silinder beton, pembuatan video proses pembuatan beton, dan makalah. Tim Wisanggeni 21 dengan judul makalah “Pemanfaatan Fly Ash dan Pasir Silika untuk Mereduksi Semen dalam Pembuatan High Strength Concrete (HSC)” dan melakukan pengiriman sampel beton pada tanggal 13 Maret 2023 yang akan dilakukan uji kuat tekan beton di Universitas Tarumanagara, Jakarta Barat. Pada tanggal 28 April 2023 Tim Wisanggeni 21 dinyatakan lolos ke babak final dan melakoni babak final pada tanggal 12-13 Mei 2023 di Universitas Tarumanagara. Pada tahap final Tim Wisanggeni 21 memaparkan gagasannya di depan dewan juri diantaranya Dr. Ir. FX. Supartono (Dosen Teknik Sipil Universitas Tarumanagara), Ir. Sunarjo Leman, M.T. (Dosen Teknik Sipil Universitas Tarumanagara), Triaksono Hadi, S.T. (PT Solusi Bangun Indonesia Tbk).

Pada tahap akhir penjurian diputuskan tim-tim yang berhasil menjadi juara pada Lomba Beton Nasional Ke-27, sebagai Juara 1 Tim Semar Antaboga (Universitas Sebelas Maret), Juara 2 Tim Wisanggeni 21 (Universitas Negeri Yogyakarta), Juara 3 Tim Haridra Ganesha (Universitas Tunas Pembangunan Surakarta), Juara Harapan 1 Tim SS-02 Tango dan Tim SS-02 Guererro (Universitas Sebelas Maret), dan Juara Harapan 2 Tim Erlisa Jaya-Jaya (Universitas Tarumanagara). Detail berita dapat dilihat disini!