Tim Wisanggeni Niscala Meraih Juara 3 Dalam Tender Cup D’village 12th Edition Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Yogyakarta – Departemen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Negeri Yogyakarta kembali meraih prestasi di tingkat nasional. Hal ini dibuktikan oleh perolehan juara di bidang manajemen proyek. Tim Wisanggeni Niscala dari Universitas Negeri Yogyakarta yang diketuai oleh Nur Imam Rifa’I (D4-Teknik Sipil) dan dibersamai dua anggota, Anna Rizti Pertiwi (S1-Teknik Sipil), dan Pandu Wibowo (D4-Teknik Sipil) dengan dosen pembimbing Ir. Akhmad Mujiburrokhman, MT, IPM berhasil meraih Gelar Juara 3 dalam Tender Cup D’village12th  Edition. Tema yang diusung pada kompetisi ini yaitu Penerapan BIM Untuk Mendukung Pembangunan Berkelanjutan. 

Tim Wisanggeni Niscala mulai melaksanakan lomba sejak tanggal 30 September 2023 dengan menyusun proposal sebagai tahap seleksi yang akan diambil 5 tim terbaik. Pada tanggal 7 November 2023, tim Wisanggeni Niscala dinyatakan lolos tahap final serta menjadi salah satu finalis yang berada pada urutan keempat proposal terbaik. Tim yang lolos ke tahap final ini sebanyak 5 tim yaitu Tim Wisanggeni Oke (Universitas Negeri Yogyakarta), Tim PT Maju Bersama (Universitas Pembangunan Negeri “Veteran” Jawa Timur), Tim DNA (Institut Teknologi Sepuluh), Tim Wisanggeni Niscala (Universitas Negeri Yogyakarta), dan Tim Bavirdha Nusa Antara (Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya). Tahap selanjutnya tim Wisanggeni Niscala menyiapkan presentasi yang akan berlangsung di Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Pada presentasi inovasi yang diterapkan pada kompetisi tender ini, yaitu Value Engineering Method dan juga penerapan BIM dengan software Revit.  Pada tanggal 16 November 2023, tim Wisanggeni Niscala berangkat menuju Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Pada tanggal 18 November berlangsung kegiatan presentasi oleh setiap tim dengan juri penilai: Rizki Robbi Rahman Alam, S.T., M.T (Dosen Manajemen Pelaksanaan Konstruksi Teknik Infrastruktur Sipil ITS), Ragil Purnamasari S.T., M.T., M.Sc. (Dosen Manajemen Pelaksanaan Konstruksi Teknik Infrastruktur Sipil ITS), dan Siti Muathifah, S.T., M.T. (Kepala Bidang Air Bersih Penyehatan Lingkungan dan Perumahan Pemukiman DPUPR Kab. Sampang. 

Pada tahap akhir penjurian diputuskan tim-tim yang berhasil menjadi juara pada Tender Cup D’village12th Edition, sebagai juara 1 Tim Wisanggeni Oke (Universitas Negeri Yogyakarta), Juara 2 Tim DNA (Institut Teknologi Sepuluh), dan Juara 3 Tim Wisanggeni Niscala (Universitas Negeri Yogyakarta).