3rd INTERNATIONAL CONFERENCE ON SUSTAINABLE INFRASTRUCTURE (ICSI) JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN SECARA VIRTUAL

International Conference on Sustainable Infrastructure (ICSI) merupakan program tahunan berupa Seminar Internasional yang diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Acara ini merupakan wadah bagi praktisi, peneliti maupun ilmuwan dari akademisi, dan industri untuk berbagi perkembangan maupun kemajuan ilmu pengetahuan, bertukar ide, bahkan menjalin kolaborasi melalui ruang diskusi. Konferensi ini merespon adanya beberapa perkembangan terkini terkait infrastruktur. Infrastruktur memegang peranan penting dalam daya saing tingkat nasional, peningkatan kemajuan ekonomi dan mengurangi kemiskinan. Meskipun infrastruktur berkelanjuran dari perencanaan hingga pengoperasian mengalami beberapa kemajuan, Sebagian besar negara berkembang sering mengalami kendala dalam mengakses infrastruktur, kualitas dan keandalan yang kurang memadahi. Selain itu perluasan infrastruktur sering mengorbankan lingkungan setempat serta secara jangka panjang dapat menimbulkan perubahan iklim.

Pelaksanaan Seminar Internasional di Fakultas Teknik pada tahun 2020 dilaksanakan secara serentak dengan mengangkat tema “Technology Enhancement to Support Vocational Competence and Freedom to Learn” dan dibuka oleh Bapak Wikan Sakarinto,S.T., M.Sc., PH.D. selaku Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penyelenggaraan dilaksanakan pada hari Senin, 5 Oktober 2020 secara virtual menggunakan aplikasi zoom meeting, dikarenakan adanya kondisi pandemi Covid-19. Setelah pembukaan seminar internasional yang dikelola oleh Fakultas Teknik selesai, dilanjutkan dengan Parallel Session International Conference on Sustainable Infrastructure (ICSI). The 3rd International Conference on Sustainable Infrastructure (ICSI 2020) mengangkat tema tentang "sustainability in the built environment, presenting relevant engineering research, demonstrations and application that contribute to competitiveness and well-being".

Telah hadir Prof. Atsushi Fukuda dari Department of Transportation Systems Engineering, Nihon University - Jepang. dan Prof. Ts. Dr, Salwani Mohd Daud dari Advanced Informatics Schools, Universiti Teknology Malaysia – Malaysia sebagai pembicara utama dalam Seminar Internasional ini. ICSI 2020 telah menerima 104 judul artikel baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri yang siap untuk dipresentasikan pada Parallel Session. Seluruh artikel yang telah dipresentasikan dalam Parallel Session dipublikasikan pada akun youtube ICSI Organizing Committee.