Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Sipil FT UNY Mendapatkan Kuliah Umum tentang Finite Element Analysis (FEA) dari Ömer Çobanoğlu, M.Sc (Beihang University)

Tantangan permasalahan dibidang teknik sipil yang semakin kompleks mendorong Jurusan Pendidikan Tenik Sipil dan Perencanaan (JPTSP) FT UNY untuk terus memberikan bekal kepada para mahasiswanya dengan teknologi dan ilmu terbarukan. Pada tanggal 13 Januari 2020 Jurusan Pendidikan Tenik Sipil dan Perencanaan FT UNY menggelar kuliah umum dengan pemateri Ömer Çobanoğlu, M.Sc dari Beihang University dengan tema Finite Element Analysis (FEA). FEA merupakan salah satu metode analisis stuktur yang cukup power full untuk menyelesaikan permasalahan dibidang teknik sipil baik itu untuk keperluan desain/perancangan ataupun evaluasi.

Kegiatan ini dimoderatori oleh Muhammad Nuruzaman, M.Pd., yang merupakan dosen di JPTSP FT UNY. Materi yang disampaikan oleh Ömer Çobanoğlu, M.Sc tentang FEA dengan software Abaqus diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta dari tiga Prodi yang ada di Jurusan Pendidikan Tenik Sipil dan Perencanaan FT UNY. Menurut ketua jurusan JPSTP FT UNY Dr. Ir. Slamet Widodo, S.T., M.T. IPM. Kegiatan ini merupakah buah dari kerjasama antara Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY dengan Department of Civil Engineering Beihang University. Kedepan JPTSP FT UNY akan menambah mitra kerjasama internasional sehingga kegiatan kuliah umum dengan mengundang dosen dari luar akan rutin diadakan, tambahnya. (Red:msn)