TIM Baruna-19 berhasil menyabet juara 3 dalam Ajang Perlombaan Dam Innovation Contest (DIC)

Tim Baruna-19 dari Universitas Negeri Yogyakarta yang beranggotakan tiga orang, yaitu Suryatama Ageng Pamuji, Rahardian Yusuf Yoga Pratama, dan Silmi Kaffah dengan Dosen Pembimbing Qonaah Rizqi Fajriani, S.T., M.Eng mulai melaksanakan persiapan lomba sejak bulan November dengan menyusun proposal secara online dengan tim yang terseleksi sebanyak 15 tim terbaik. Pada tanggal 17 Desember 2020, tibalah pengumuman semi finalis dan salah satu finalis ialah Baruna-19 yang berasal dari UNY.

Pada tahap semifinal, peserta mulai menyusun makalah selama satu bulan dengan tenggat waktu 19 Januari 2021 secara online. Setelah tahap semifinal, peserta diseleksi menjadi 5 tim yang akan melanjutkan tahapannya menuju final. Pada 2 Februari 2021, pengumuman finalis tiba dan salah satu dari kelima finalis tersebut ialah Baruna-19. Pada tahap final ini, peserta diminta untuk menyusun paper mengenai problem solving, membuat video visualisasi makalah, dan mempresentasikan makalah serta paper problem solving. Kegiatan berlangsung selama empat hari pada tanggal 1-4 Maret 2021 yang dilakukan secara online melalui zoom meeting.

Lomba ini diikuti oleh seluruh universitas di Indonesia. Dari seluruh finalis yang mengikuti lomba DAM Innovation Contest, Baruna-19 berhasil menyabet juara 3 dari lima finalis yang berasal dari Universitas Diponegoro (1 tim), Institut Teknologi Bandung (2 tim), dan Universitas Brawijaya (1 tim).

Video animasi hasil karya dari Tim Baruna-19 dapat dilihat disini: 

 

Tags: